Jumat, 14 Desember 2012

sumber daya alam indonesia



sumber daya alam indonesia

 

 Wilayah indonesia luasnya sekitar 9,8 juta km²,terdiri atas wilayah daratan yang luasnya 1,9 juta km² dan wilayah perairan yang luasnya 7,9 juta

km².

faktor-faktor keberadaan sumbar daya alam di indonesia yaitu:


  1. Secara astronomis,indonesia yang terletak di daerah tropika dengan curah hujan yang tinggi menyebabakan aneka ragam jenis tumbuhan dapat tumbuh subur . 

  2. Secara geologis,indonesia terletak pertemuan jalur pergerakan lempeng tektonik dan pegunungan muda ,yaitu pegunungan sirkum pasifik dan meditrania.Letak geologis indonesia menyebabkan di indonesiaa banyak di jumpai gunung api aktif sehingga memungkinkan terbentuknya berbagai macam sumber daya mineral yang potensial untuk di manfaatkan.

  3. Wilayah lautan di indonesia mengandung berbagai macam sumber daya nabati ,hewani,dan mineral

a.Sumber daya alam tanah 

Tanah merupakan media berbagai macam kegiatan manusia,seperti bertani,berkebun ,membangun kawasan permukiman,dan kawasan industri.

indonesia merupakan negara agraris karena sebian besar rakyat indonesia bekerja di sektor pertanian.

Tanah di indonesia mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka menunjang  produksi pertanian.Tingkat kesuburan tanah di indonesia tidak sama di sebabkan oleh bahan induk pembentukan bebatuan yang berbeda-beda.

Tingkat kesuburan tanah di indonesia di bedakan atas:

a.Tanah subur

       Tanah vulkanik merupakan jenis tanah yang paling subur,yang termasuk tanah subur adalah tanah podzalik dan aluvial,jenis tersebut terdapat di pulau Jawa, Bali,Nusa tenggara,Kalimantan.

b.Tanah kurang subur

     Tanah yang kurang subur antara lain  tanah pasir,gambut dan tanah kapur,jenis tersebut terdapat di pulau Jawa,Sumatera,dan Sulawesi 

 c.Tanah tidak subur

Tanah tidak subur adalah tanah tandus antara lain karena mengalami proses pencucian oleh air hujan.contoh tanah tidak subur,tanah lateritterdapat di pulau Jawa bagian barat dan selatan,serta di pulau kalimantan bagian barat.


b.Sumber daya air

     

    contoh pemanfaatan sumber daya air di indonesia


  1. Mengairi areal per sawahaan dengan menggunakan sistem irigasi

  2. Kegiatan perikanan dengan menggunakan air tawar atau air payau. 

  3. Pembangkit tenaga listrik

  4. Air tanah di gunakan penduduk untuk memenuhi kebutuhan air bersih

  5. Wilayah laut indonesia yang luas sangat potensial untuk di kembangkan sebagai tempat pariwisata dan olah raga.     

 c.Sumber daya alam Udara


  Udara merupakan sumber kehidupan,unsur-unsur yang terdapat udara antara lain Oksigen,Nitrogen dan Karbon dioksida. Udara di gunakan manusia sebagai sistem pernapasan bagi manusia.


d.Sumber daya alam hutan


  Hutan adalah suatu areal tanah yang di atasnya di tumbuhi berbagai jenis dan ukuran tumbuhan.Hutan memberi manfaat terhadap manusia  diantaranya sebagai sumber kayu,dan hasil hutan lainnya,fungsi hutan sebagai paru-paru dunia yang menjaga keseimbangan co‍²

Jenis-jenis hutan yang terdapat di indonesia:


a.Hutan hujan tropis(Heterogen) 


Ciri-ciri hutan heterogen adanya jenis tumbuhan yang         hidupnya menempel pada tumbuhan lain 


b.Hutan muson


Ciri khas hutan muson adalah adanya tanaman meranggas atau menggugurkan daunnyan pada musim kemarau,misalnya pohon jati.tipe hutan muson terdapat di Jawa timur dan sebagian pulau Bali

c.Hutan mangrove

Fungsi hutan ini antara lain:

  1. Menjaga kawasan pantai dari abrasi 

  2.  Sebagai habitat beberapa jenis spesies air payau misalnya udang dan bandeng

  3. Sebagai filter zat garam yang di bawa angin laut di kekawasan darat,terutama oleh bagian daunnya

e.Sumber daya hutan

f.Sumber daya alam energi

    Bedakan menjadi 2

  • Energi fosil

           Merupakan energi konvensional karena merupakan energi nyang pertama kali di temukan dan di manfatkan,dan energi komersial karena energi fosil dapat di perdagangkan dan.Energi fosil juga merupakan energi tak terbarukan karena terus berkurang dan pada suatu saat dapat habis.misalnya minyak bumi,gas bumi,batubara dan gambut

 

  • Energi non fosil

         Merupakan energi terbarukan karena berasal dari sumber-sumber yang tidak habis di pakai dan selau terbarukan misalnya tenaga air,tenaga angin,tenaga panas matahari,energi panas bumi,dan energi biomassa.

 Refrensi:

YudhistiraGeografi 2 SMA kelas XI 2010

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar